About Me

Foto saya
Nama : Indra Yadi Putra NIM : 0701102010034 EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Selasa, 05 Januari 2010

Printo... Ngeprint YUK!!!!!!

Nama usaha : PRINTO

Jargon : Ngeprint Yuk!

Jenis Usaha : Rental Pengetikan

Alamat : Jl. KH. Usman Gg.Pusara No. 11 Lingke Banda Aceh

CEO Pemilik :

Nama : Manda Andika

No HP : 085288552320

e-mail : andika.manda@yahoo.com

DSCF2033


Nama : Muhammad Nurul Fadli

No HP : 085262559719

e-mail : m.nurul.fadli@gmail.com

1. Sejarah Singkat Usaha Printo

CV. PRINTO merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa, yaitu menjual jasa pengetikan, print dan kebutuhan administrasi.. Didirikan pada tgl 22 Oktober 2009 oleh mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsyiah yang memiliki jiwa dan semangat Enterpreneurship dengan bermodalkan pinjaman Rp.300.000,- Manda membeli print bekas dan mencoba membuka usaha kecil-kecilan di bidang pengetikan dan print. Dia berusaha membuat Printo yang full services dengan menambah jasanya yaitu layanan “Free Delivery”. Dengan proses promosi selama tidak lebih dari 3 minggu dengan menggencarkan promosi dengan slogan “nge print yuk!” , alhasil Printo dengan segala keunikan bisnis dan layanan jasanya yang full services menjadikan Printo diterima di kalangan mahasiswa dan karyawan-karyawan yang membutuhkan jasa pengeprint-nan dengan harga yang kompetitif. Dan sekarang Manda merekrut 2 (dua) teman-temannya yang berkompeten di bidangnya yaitu Fadli sebagai (financial manager) dan Reza sebagai (Accounting manager) dan Manda sebagai ( manajer umum ) sekaligus merangakap marketing manager. Tambahan dua anggota baru ini semakin meningkatkan kinerja dan pelayanan printo,sehingga kepercayaan dari para konsumennya juga semakin meningkat.

“PRINTO...we serve completly”, nge print yuk!!!


BAB II

SISTEM INFORMASI DAN TEKHNOLOGI YANG DIGUNAKAN

1. Peranan dan aktivitas-aktivitas perusahaan yang dilakukan dengan menggunakan system informasi dan tekhnologi

Karena usaha ini bergerak dalam bidang jasa pengetikan, maka penggunaan tekhnologi informasi menjadi modal utama dalam melakukan usahanya yaitu dengan menggunakan computer dan printer. Namun tidak hanya itu, usaha ini juga menggunakan peralatan tekhnologi dan informasi (IT) disetiap struktur manajemennya baik itu pemasaran, operasional, keuangan, dan juga personalia. Hal inilah yang menyebabkan printo memiliki efektivitas dan efisieinsi yang cukup baik.

Sistem informasi dan tekhnologi jelas sangat berperan bagi usaha ini khususnya di bidang pemasaran karena mampu mengenai target pasarnya dengan efektif dan efisien dengan menggunakan internet. Efektif karena target pasar yang utama dari printo adalah mahasiswa yang sebagian besar menghabiskan waktunya didepan internet dan efisien karena memasang iklan di internert lebih murah daripada memasang iklan di media masa atau elektronik.

2. Peranan Sistim Informasi dalam Kegiatan Operasional

Dalam aktivitas operasionalnya perangkat IT merupakan modal utama bagi printo, saat ini mereka telah memiliki 3 unit computer, 3 unit laptop, 2 unit printer dan 1 unit scanner. Semua peralatan tersebut menjadi sumber utama printo dalam menghasilkan produknya yaitu jasa pengetikan.

Untuk program pengetikan, printo menggunakan program microsoft office word namun printo juga menggunakan program office yang lainnya baik itu excel, publisher, power point dan sebagsinya sesuai dengan order/permintaan dari konsumennya.

3. Peranan Sistim Informasi dalam Pemasaran (marketing)

Seperti yang telah di jelaskan di awal bahwa pangsa pasar yang terbesar bagi printo adalah mahasiswa yang notabenenya menghabiskan sebagian besar waktunya di dunia maya, maka printo juga melakukan hal yang sama yaitu dengan melakukan promosi pada situs yang paling banyak diminati saat ini yaitu facebook. Printo telah memiliki sebuah group yang diberi nama “printo” dan pada saat ini telah memiliki beberapa anggota. Dengan menggunakan situs ini printo dapat dengan mudah memberikan informasi yang terbaru yang ingin ditawarkan kepada konsumennya dan juga menjadi media customer care bagi printo untuk memenuhi complain daari konsumen

4. Peranan Sistim Informasi dalam Laporan Keuangan (Financial)

Dalam bidang keuangan, printo menggunakan program Microsoft Excel untuk mencatat setiap transaksi dan melakukan penghitungan laba-rugi bagi perusahaan. Program ini sangat mendukung karena selain hasilnya yang lebih akurat juga lebih praktis dan mudah digunakan.

PEMASUKAN DANA




No.

Tanggal

Keterangan

Debet

Kredit

Saldo

1

22/10/09

kas (Bu.Herlina BRI)

Rp 300.000


2

3

4

5

Rp 300.000
































PENGELUARAN DANA






No.

Tanggal

Keterangan

Banyak

@

Debet

Kredit

Saldo

1

22/10/09

Reset IP 1200

1 bh


Rp 30.000

2

22/10/09

Refil tinta canon IP 1200(alvacia)

4 tbg

Rp 80.000

3

22/10/09

Catrige Black (P640) 2 md

1 bh

Rp 80.000

4

23/10/09

Kertas A4

1 rim

Rp 30.000

5

23/10/09

Kertas F4

1 rim

Rp 32.000

6

23/10/09

Isolasi kardus

1 bh

Rp 9.000

7

23/10/09

Buku Faktur

1 bh

Rp 3.000

8

23/10/09

Buku ekspedisi

1 bh


Rp 7.000

19

Rp271.000
















5. Peranan Sistim Informasi dalam Bidang Personalia

Berkaitan dengan sumberdaya manusia, saat ini printo menggunakan system informasi yang paling banyak digunakan yaitu dengan menggunakan tekhnologi mobile atau ponsel di mana setiap saat karyawannya dapat langsung melakukan komunikasi kepada atasa atau sebaliknya sehingga setiap masalah dalam bagian personalia dan segera ditindak lanjuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar