About Me

Foto saya
Nama : Indra Yadi Putra NIM : 0701102010034 EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Selasa, 05 Januari 2010

MENGELOLA PENGETAHUAN (Review BAB 11)

Kita hidup dalam ekonomi informasi dimana produksi dan distribusi informasi perusahaan telah menjadi salah satu sumber kekayaan dan kemakmuran. Manajemen pengetahuan telah menjadi aspek penting di banyak perusahaan di mana para manajernya menyadari bahwa keberhasilam perusahaan mereka bergantung pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan dan mengelola pengetahuan. Penelitian menunjukkan bahwa bagian yang cukup besar dari harga saham perusahaan berhubungan dengan asset yang tidak kasat mata, di mana pengetahuan adalah salah satu komponen penting selain merk, reputasi, dan proses bisnis yang unik (Gu dan Lev, 2001)

Tedapat perbedaan antara data, informasi, pengetahuan dan kebijaksanaan.Data merupakan aliran kejadian atau transaksi yang dicatat oleh system suatu organisasi dan bermanfaat hanya dalam transaksi itu sendiri, dan tidak untuk yang lainnya. Untuk mengubah data menjadi informasi, perusahaan harus memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menyusun data kedalam kategori-kategori yang mudah digunakan. Misalnya, total penjualan dibagi menjadi perbulan, per hari, per daerah atau bedasarkan laporan pertoko. Untuk mengubah informasi menjadi knowledge (pengetahuan) , perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan dan konteks dimana pengetahuan tersebut berguna. Terakhir, kebijaksanaan (wisdom) adalah pemikiranperorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. Kebijaksanaan mencakup kapan, dimana, dan bagaimana pengetahuan di terapkan.

Pengetahuan merupakan sifat individual sekaligus sifat kolektif dari suatu perusahaan. Pengetahuan adalah kejadian yang kognitif, bahkan fisiologis yang terjadi dalam pikiran manusia. Pengetahuan juga tersimpan dalam perpustakaan dan catatan, diterangkan dalam kuliah, dan disimpan oleh perusahaan dalam bentuk proses bisnis dan pengetahuan karyawannya. Pengetahuan yang terekam dalam pikiran karyawan dan belum terdokumentasikan disebut pengetahuan tersirat (tacit knowledge) dan pengetahuan yang sudah terdokumentasikan di sebut pengetahuan eksplisit (explicit knowledge)

DIMENSI PENTING PENGETAHUAN

Pengetahuan adalah Asset Perusahaan

Pengetahuan adalah asset yang tidak berwujud

Perubahan data menjadi pengetahuan dan informasi yang berguna memerlukan penggunaan sumberdaya operasional.

Pengetahuan tidak mengikuti hukum hasil lebih yang semakin berkurang (law of diminishing return) yang berlaku untuk asset fisik, tetapi justru mengalami dampak jaringan: nilainya akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya pengetahuan tersebut digunakan oleh orang lain.

Pengetahuan ada Dalam Berbagai Bentuk

Pengetahuan dapat bersifat tersirat namun juga dapat bersifat eksplisit

Pengetahuan meliputi cara melakukan sesuatu, ketrampilan dan keahlian.

Pengetahuan meliputi cara mengikuti suatu prosedur

Pengetahuan meliputi alas an mengapa, bukan sekedar kapan sesuatu terjadi (kausalitas)

Pengetahuan Memiliki Lokasi

Pengetahuan adalah peristiwa kognitif yang melibatkan model dan pemetaan pikiran orang.

Pengetahuan memiliki basis sosial dan individual.

Pengetahuan bersifat “melekat” (sulit digerakkan), letaknya menyatu dengan budaya perusahaan tertentu dan kontekstual

Pengetahuan Bersifat Situasional

Pengetahuan bersifat kondisional: mengetahui kapan saat menerapkan suatu prosedur sama pentingnya dengan mengetahui prosedur itu sendiri

Pengetahuan berkaitan dengan konteks: anda harus tahu bagaimana menggunakan perangkat tertentu dan pada situasi seperti apa anda dapat menggunakan perangkat tersebut.

Rantai Nilai Manajemen Pengetahuan

Seperti halnya manusia, organisasi menciptakan dan mengumpulkan pengetahuan menggunakan beberapa mekanisme pembelajaran organisasional. Organisasi yang melakukan pembelajaran akan mengubah perilakunya dengan membuat proses bisnis barudan mengubah pola manajemen pengambilan keputusannya. Proses perubahan ini disebut pembelajaran Organisasi (organitational learning). Organisasi yang dapat merasakan dan merespons lingkungannya secara cepat akan bertahan lebih lama dari pada organisasi yang mekanismenya lebih buruk. Namun untuk menciptakan mekanisme pengetahuan yang baik maka diperlukan sebuah system manajemen yang baik.

Manajemen Pengetahuan (knowlelge Management) adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan dan memindahkan dan menerapkan pengetahuan. Manajemen pengetahuan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mempelajari lingkungan sekitar dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam proses bisnisnya.

Jenis Sistem Manajemen Pengetahuan

Secara mendasar terdapat tiga jenis system manajemen pengetahuan yang umum di gunakan yaitu, system manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan, system kerja pengetahuan, dan teknik cerdas.

1. System manajemen pengetahuan perusahaan adalah system serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan dan menerapkan pengetahuan dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital. System ini menyediakan basis data berikut perangkatnya untuk menyusun dan menyimpan dokumen terstruktur dan tidak terstruktur beserta objek pengetahuan lainnya.

2. Sistem kerja pengetahuan (knowledge work Systems-KWS) adalah system yang dikembangkan khusus untuk para teknisi, ilmuwan dan para pekerja di bidang pengetahuan lainnya yang betugas memperoleh dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan mereka.

3. Manajemen pengetahuan juga meliputi berbagai kelompok teknik cerdas (inteliegent techniques) seperti penggalian data, system canggih jaringan syaraf, logika fuzzy, algoritmegenetik dan agen inteligen. Teknik-teknik ini memiliki tujuan yang berbeda mulai dari focus pada menemukan pengetahuan baru (penggalian data dan jaringan saraf), pengolahan pengetahuan dalam bentuk aturan bagi program computer (system ahli dan logika fuzzy), sampai pada bagai mana mendapatkan solusi optimal untuk suatu masalah (algoritme genetic).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar